inDDit.com

Tips Informasi Media Online Terkini

Senin, 08 Januari 2018

Diet Khusus Dengan Makanan Untuk Diabetes

Penderita diabetes disarankan hanya mengonsumsi makanan untuk diabetes saja. Diabetes atau kencing manis sendiri merupakan salah satu kondisi, dimana gula darah dalam tubuh naik. Naiknya kadar gula di dalam darah ini disebabkan atau dihasilkan dari beberapa sumber makanan yang memiliki kandungan karbohidrat. Dimana makanan karbohidrat yang biasanya dikonsumsi tubuh memiliki kadar gula yang akan dilepas di dalam darah. Kadar gula ini akan diubah oleh hormon insulin menjadi energi yang tidak bisa dilakukan oleh tubuh penderita diabetes.
makanan untuk diabetes


Ketidakmampuan tubuh karena kekurangan hormon insulin menjadi penyebab penyakit diabetes, penderita penyakit diabetes harus mawas diri, terutama saat akan memilih makanan. Hal ini dilakukan agar penderita diabetes tetap stabil dan sehat. Salah satu cara yag harus ditempuhnya yaitu dengan melakukan program diet khusus. Makanan-makanan yang dikonsumi juga makanan tertentu seperti dark chocolate yang dapat membantu mnegurangi resistensi insulin dalam tubuh. Kacang-kacangan, dimana di dalamnya mengandung serat yang cukup tinggi yang akan membantu dalam mengelola penyerapan glukosa dalam tubuh. Almond juga bagus untuk dikonsumsi karena mampu menurunkan resiko diabetes tipe 2 dengan prosentasi bisa lebih dari 30%. Ada juga minyak zaitun yang juga mampun menurunkan risiko berkembangnya penyakit diabetes hingga 50% dan bisa mengurangi penyakit jantung dan kolesterol tinggi yang biasanya juga ikut diderita. Selain tumbuhan-tumbuhan, ikan juga disarankan untuk dikonsumsi. Ikan yang bsia dikonsumsi yaitu salmon, mackerel, dan haring yang mengandung asam lemak omega 3 yang mampu mengurangi risiko jantung dan dapat mencegah adanya penyakit diabetes melitus. Sehingga dapat membantu tubuh untuk menjaga kadar gula darah agar tetap dalam keadaan yang stabil.

Dengan melakukan diet khusus yang tentunya mendapat pantauan dari dokter maka akan membantu penderita diabetes dalam menjalani hari-harinya. Makanan-makanan yang disebutkan di atas akan membantu meningkatkan kepekaan insulin, membantu mengurasi resistensi insulin, menghambat proses penyerapan karbohidrat dalam tubuh, dapat mengurangi resiko komplikasi, hingga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh penderita. Oleh karena itu, menu yang diberikan kepada penderita juga harus memperhatikan makanan untuk diabetes yang bisa dikonsumsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar