inDDit.com

Tips Informasi Media Online Terkini

Senin, 26 Agustus 2019

Tips Membuat Abon Yang Bergizi dan Lezat

Abon adalah satu makanan yang sedari saya kecil selalu wajib tersedia di rumah. Yang paling sering tersedia adalah abon sapi khas daerah Boyolali. Teksturnya kering, tapi apabila masuk ke mulut langsung lumer meleleh.



Abon sering kali jadi penyelamat saat lapar sudah memanggil tapi makanan belum matang. Abon ditambah nasi panas, telur ceplok, dan juga kecap adalah perpaduan yang sarat nostalgia dan membuat rindu rumah tidak terkira.

Kalau dipikir-pikir dari segi gizi, lebih baik makan abon, telur ceplok, dengan sayur sop, daripada merebus satu bungkus mi instan atau pesan fast food yang belum tentu terjamin sehat dan bersih.

Namun tentu saja, dengan catatan abonnya, juga dibuat dari ingredients yang segar, bersih, dan juga berkualitas. Nah, untuk mendapatkan abon dengan kualitas yang baik untuk dikonsumsi keluarga, yuk kita buat sendiri abon homemade yang sehat dan juga nikmat. Ternyata tidak terlalu susah untuk membuatnya di rumah.

Abon biasanya dibuat dari daging sapi, ayam, dan juga ikan. Untuk resep kali ini saya memilih olahan ikan saba/makarel karena kandungan gizinya yang padat.

Abon Ikan Makarel

Cara Membuat:

  • 6 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, 1 sdm ketumbar, 1 sdt jinten, satu ruaas kecil kunyit/1 sdt kunyit bubuk, dan 100 ml air
  • Tumis bumbu halus dengan minyak sayur, tambahkan 4 sdm air asam jawa
  • Tambahkan 1 cm lengkuas, 5 lembar daun jeruk dan 2 batang serai
  • Masukkan 700 gram ikan makarel/saba yang sudah dikukus matang. Aduk-aduk sekalian hancurkan dagingnya
  • Terus aduk dengan api kecil hingga ikan mengering dan menjadi abon
  • Tambahkan 3 sdm bawang merah goreng agar lebih nikmat
  • Ikan makarel terkenal mengandung omega 3-nya yang tinggi (bahkan konon lebih tinggi daripada salmon). Omega 3 berfungsi mengoptimalkan kinerja otak sehingga dapat meningkatkan kecerdasan. 


Selain itu, ikan makarel ini juga bermanfaat meningkatkan imunitas tubuh, menurunkan sel karsinogenik, regulasi hormon tingkat, mencegah kardiovaskular, menormalisasi pencernaan serta dapat memperkuat sistem saraf serta memori, dan menurunkan tekanan dalam sistem saraf dan memori.
Wow! Banyak sekali ya manfaatnya? Tunggu apalagi, yuk coba resep abon ikan makarel untuk stok makanan di rumah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar