inDDit.com

Tips Informasi Media Online Terkini

Senin, 13 Januari 2020

Pengertian dan Gejala Penyakit Tiroid


Kesehatan itu mahal harganya. Banyak orang yang sudah paham bagaimana ungkapan tersebut dimaksudkan. Karena ketika kita dalam kondisi sakit maka selezat apapun makanannya tidak akan bisa dinikmati. Juga sebanyak apapun uang yang kita miliki maka tak akan bisa digunakan lainnya selain untuk pengobatan. Ada banyak jenis penyakit yang mengintai manusia termasuk penyakit tiroid. Masih banyak orang yang tak mengetahui apaitu penyakit tiroid.

Beberapa pengertian penyakit tiroid akan membantu anda untuk tahu apa dan bagaimana penyakit ini bisa terjadi. Penyakit tiroid merupakan masalah umum yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon tiroid yang ada di dalam tubuh kita. Masalah yang terjadi ketika kelenjar tiroid ini menjadi kurang aktif atau hipotiroid. Bisa juga karena terlalu aktif atau disebut hipertiroid. Kondisi kelenjar inilah yang pada dasarnya berbentuk kupu-kupu kecil da ditemukan di depan leher.
Penyakit tiroid ini memang menjadi umum dan banyak mempengaruhi wanita daripada pria. Jika dilihat secara statistik, satu dari delapan wanita ternyata bisa mengalami penyakit tiroid ini. Hal ini juga bisa terjadi pada pasien di usiaberapapun. Untuk mengatasi atau mengurangi faktor risiko, anda bisa menyimak ulasan berikut.
Gejala Penyakit Tiroid
Jika telah memahami apa itu pengertian dari penyakit tiroid, anda bisa menyimak bagaimana gejala yang bisa saja muncul. Dengan mengetahui gejala atau tandanya, sedini mungkin membantu kita untuk segera mengatasinya.
1. Gugup dan Tremor
Gejala yang pertama adalah terjadinya gugup dan tremor atau gemetar.Seiring dengan adanya agitasi, gejala ini ternyata bisa menandakan fungsi berlebih kelenjar tiroid yang juga dikenal sebagai hipertiroid.
2. Kesadaran Kabur
Kesadaran kabur dan juga konsentrasi yang buruk bisa menjadi salah satu gejala yang muncul ketika anda menderita penyakit tiroid. Fungsi mental kita ternyata bisa dipengaruhi oleh hipertiroid atau yang disebut dengan peningkatan kadar hormon tiroid. Bisa juga karena hipotiroid atau penurunan kadar hormon tiroid. Dengan adanya kondisi ini, penderita penyakit tiroid akan sering merasa sedih dan tertekan. Sementara di sisi lain, kondisi ini bisa menyebabkan berkurangnya kemampuan untuk berkonsentrasi.
3. Detak Jantung Cepat
Peningkatan detak jantung atau takikardia dan jantung berdebar ternyata bisa menjadi gejala hipertiroid.Detak jantung yang cepat dan dirasa terlalu sering mengalami hal ini sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter.Terutama ketika anda tidak melakukan aktivitas berat tetapi merasakan adanya takikardia.
4. Kadar Kolesterol Tinggi
Cek bagaimana kondisi kadar kolesterol anda. Peningkatan kadar kolesterol darah bisa terjadi pada mereka yang mengalami kondisi hipotiroid. Gejala lain yang muncul bisa juga dengan sedikit kenaikan berat badan yang mana menyertai kondisi dimana aktivitas kelenjar tiroid ini lebih rendah dibandingkan batas normal yang seharusnya.
Pengertian penyakit tiroid adalah berbagai gangguan yang terjadi pada kelenjar tiroid yang mengatur tentang sistem metabolisme dalam tubuh kita.Baik itu berlebih atau kekurangan sama-sama tidak bagus untuk kesehatan. Jika kondisi ini terjadi maka bisa mengakibatkan adanya komplikasi ke kehamilan, emosi tidak stabil, kemandulan, hingga berat badan yang susah naik atau turun.
Penyebab penyakit tiroid bisa dikarenakan beberapa hal.Misalnya saja ketika kelenjar tiroid ini rusak karena makan sembarangan. Bisa juga disebabkan karena stress dan polusi udara. Mereka yang mengalami ketergantungan atau terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan juga dikhawatirkan terkena penyakit tiroid. Untuk mencegahnya, anda bisa mulai menerapkan pola hidup sehat dan perbaiki jam tidur.

Sumber :
www.hellosehat.com
 www.nakedpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar