inDDit.com

Tips Informasi Media Online Terkini

Selasa, 11 Februari 2020

Tanya Dokter Kulit dan Kelamin Tentang Berbagai Jenis Penyakit Kelamin dan Penyebabnya


Jika bicara mengenai kelamin manusia, maka pasti sebagian besar langsung akan juga berpikiran mengenai hubungan badan karena memang erat sekali kaitan di antara keduanya. Namun bukan berarti kelamin hanya digunakan untuk berhubungan badan saja, karena ada fungsi-fungsi lainnya seperti buang air dan melahirkan untuk wanita. Sama seperti penyakit kelamin, juga bukan selalu disebabkan karena hubungan badan tetapi juga bisa dari sebab-sebab lainnya meski tak bisa dipungkiri bahwa hubungan seksual memang menjadi penyumbang terbanyak penyakit kelamin. Untuk lebih jelasnya mengenai penyakit kelamin, Anda bisa tanya dokter kulit dan kelamin mengenai apa saja penyakit kelamin dan penyebabnya.



Sebagai tambahan wawasan Anda, berikut ini adalah macam-macam penyakit kelamin beserta penyebabnya yang paling banyak terjadi pada masyarakat di Indonesia:

  1. Sifilis.
Sifilis merupakan penyakit kelamin yang mudah menular melalui hubungan seksual terutama oral dan anal. Disebabkan oleh bakteri treponema pallidum sehingga penderitanya harus segera mendapatkan suntikan antibiotik untuk mengobatinya.

  1. Gonorhoe.
Mirip seperti sifilis, gonorhoe juga disebabkan oleh bakteri. Bedanya, penyebab gonorhoe adalah bakteri Neiserria Gonorhoe yang juga muncul akibat berhubungan seksual dengan pemilik penyakit ini. Gonorhoe atau sering disingkat GO memiliki gejala keluarnya cairan dari alat kelamin yang disertai rasa nyeri. Antibiotik juga dibutuhkan untuk kasus ini.

  1. Chlamydia.
Merupakan infeksi karena jamur Chlamydia. Penyakit ini lebih banyak mengenai wanita muda yang memiliki aktivitas seksual tinggi dan dilakukan tanpa menggunakan pengaman atau kondom.

  1. Human Papillomavirus (HPV).
Merupakan virus yang menular lewat hubungan seksual yang dapat berpengaruh pada alat kelamin, mulut hingga kerongkongan. Virus ini juga bisa menyebabkan kanker seperti kanker mulut rahim, kanker mulut, dan kanker rahim.

Selain penyakit kelamin di atas, ada juga penyakit kelamin yang termasuk dalam penyakit kulit seperti Herpes. Herpes dapat menyerang kulit di bagian manapun termasuk di alat kelamin. Disebabkan karena virus Varicella Zoster serta sering juga disebut cacar ular. Jika Anda mengidap herpes, kulit atau kelamin akan terasa panas dan badan bisa menjadi demam. Saat terkena herpes, perbaiki sistem kekebalan tubuh dengan makan buah serta sayur lebih banyak, minum air putih hingga konsumsi vitamin. Untuk pengobatan herpes sendiri dapat menggunakan salep acyclovir atau tablet acyclovir oral.

Pencegahan yang bisa dilakukan agar terhindar dari penyakit kelamin antara lain adalah dengan setia terhadap pasangan atau tidak berganti-ganti pasangan seksual. Anda bisa menggunakan pelindung atau kondom untuk mencegah penularan penyakit kelamin termasuk HIV. Menjaga kebersihan area sensitif dengan buang air tidak di sembarang tempat dan selalu membersihkannya dengan tissue steril akan menjadi upaya pencegahan yang juga dibutuhkan untuk menghindari penyakit infeksi saluran kemih.

Bagi Anda yang memiliki gejala salah satu penyakit kelamin di atas, atau penasaran dengan sesuatu mengenai penyakit kelamin dan kulit, Anda bisa tanya dokter kulit dan kelamin dengan mudah melalui aplikasi Halodoc. Aplikasi Halodoc akan menjadi penghubung Anda dengan berbagai dokter spesialis termasuk dokter kulit dan kelamin untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan. Halodoc dapat Anda manfaatkan dengan mengunduhnya di Play Store dan menginstalnya di smartphone atau Anda juga bisa membaca artikelnya melalui gadget. Berbagai penyakit khususnya yang disebabkan oleh virus pada kulit dan kelamin dapat di tangkal dengan meningkatkan kekebalan tubuh. selalu makan makanan bergizi dan jangan lupa untuk memakai kondom saat berhubungan seksual jika Anda sedang tak mengharapkan keturunan apalagi penyakit menular.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar