inDDit.com

Tips Informasi Media Online Terkini

Selasa, 21 Juli 2020

Tips Mengatasi Kebiasaan Anak Susah Mandi


Menjaga kebersihan tubuh anak merupakan hal penting dan wajib dilakukan oleh seluruh ibu atau orang yang berada di sekitarnya. Terlebih pada anak-anak yang telah banyak melakukan berbagai aktivitas luar ruangan. Pada umumnya aktivitas atau permainan anak mengakibatkan keluarnya banyak keringat dan munculnya noda atau kotoran di tubuh ataupun pakaian yang dikenakan. Oleh sebab itu, rutin mandi atau bersih-bersih tubuh menjadi salah satu hal terpenting yang harus dilakukan agar anak tidak mudah terkena gangguan kesehatan ataupun alergi yang bersumber dari kotoran tersebut.

Di samping itu, kondisi anak yang bersih dan terawat juga akan lebih indah jika dilihat oleh orang lain. Perlu Anda ketahui bahwa manfaat mandi bagi anak-anak tidak hanya menjadikan tubuh bersih atau terbebas dari kuman, melainkan bisa menjadikan tubuh anak menjadi lebih segar dan tenang. Terlebih jika digunakan air hangat ketika memandikannya karena air hangat bisa memberikan tingkat rileks pada otot dan tubuh.


Dalam kondisi atau umur tertentu anak pada umumnya akan sulit jika diajak mandi atau bersih-bersih tubuh. Mereka lebih memilih bertahan dengan kondisi tubuh yang kotor yang tidak nyaman. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal seperti misalnya trauma saat mandi seperti trauma diguyur, terpeleset ataupun kondisi air yang terlalu dingin dan panas. Sebagai akibatnya mereka akan menolak jika diajak mandi, bahkan terdapat sebagian anak yang sampai kabur-kaburan dan menangis ketika akan dimandikan.

Sebagai seorang Ibu, Anda harusnya bisa meminimalisir terjadinya trauma pada anak yang mengakibatkan dirinya susah untuk dimandikan. Jika tidak ada trauma, maka kemungkinan anak juga tidak akan sulit diajak mandi. Adapun di bawah ini ialah beberapa tips yang bisa dilalukan jika sang anak mengalami susah mandi

  1. Memberikan mainan pada anak, dalam hal ini mainan yang dimaksud ialah berbagai jenis mainan air yang bisa sekaligus dimainkan saat anak mandi. Adapun beberapa contohnya ialah boneka plastik, bubble crab dan bola-bola plastik dengan berbagai macam warna. Dengan demikian, konsentrasi anak akan terpusat pada mainan dan ia akan merasa nyaman ketika dimandikan. Disamping menghilangkan trauma mandi pada anak, adanya berbagai macam permainan juga bisa meningkatkan semangat anak untuk mandi sambil bermain.
  2. Menggunakan air hangat saat memandikan, hal ini menjadi salah satu cara ampuh yang bisa dilakukan ketika anak mengalami susah mandi. Dengan air hangat mereka akan merasa nyaman dan rileks serta tidak takut. Meski demikian, Anda juga harus tetap memperhatikan kondisi air yang digunakan karena air yang terlalu panas juga dinilai mengakibatkan munculnya rasa takut pada anak.
  3. Mandi sambil bermain, seperti apa yang telah disebutkan pada poin pertama yakni sambil melakukan permainan. Anak bisa diajak berbagai macam permainan air seperti mandi bola, bubble crab dan masih banyak lagi agar dia tidak merasa tegang ketika dimandikan.
  4. Memberikan kebebasan dalam memilih jam mandi bagi anak. Hal ini perlu Anda perhatikan karena kebiasaan memaksa anak untuk mandi pada jam-jam tertentu justru mengakibatkan munculnya rasa trauma dan enggan untuk mandi.
Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan ketika anak sulit diajak mandi. Di samping itu, Anda bisa menambahkan berbagai peralatan mandi lainnya dengan berbagai variasi dan warna agar anak tidak bosan serta merasa lebih bersemangat ketika mandi. Mengenai informasi lebih lengkapnya, Anda bisa mengakses melalui https://www.sleekbaby.co.id/1000-hari-perlindungan/detail/anak-susah-mandi-lakukan-5-trik-ini-untuk-mengatasinya  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar